Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sakit, Tiga Jemaah Haji Tinggal di Mekkah

Kompas.com - 06/12/2011, 13:14 WIB

JAMBI, KOMPAS.com - Tiga jemaah haji asal Provinsi Jambi masih tinggal di Mekah atau Arab Saudi karena sakit.

Kabid Haji Kanwil Kementrian Agama Provinsi Jambi, Herman di Jambi, Selasa mengatakan, tiga jemaah haji asal Jambi yang masih tinggal di Arab Saudi itu terdiri atas Sukarni (70), Ibrahim (62) dan Imam Maksun (67).

"Dua dari jemaah tersebut, di antaranya yakni Sukarni dan Imam Maksum mengalami sakit dan satu lainnya Ibrahim sebagai pendamping," kata Herman, Selasa (6/12/2011) tanpa menyebutkan penyakit yang diderita dua jemaah tersebut.

Tiga jemaah haji yang tertinggal itu, dua orang yakni Sukarni dan Ibrahim berasal dari Kabupaten Tebo, dan Imam Maksum berasal dari Kota Jambi. Jemaah haji yang tinggal di Mekah itu nantinya dipulangkan ke tanah air, jika kondisinya sudah membaik atau sembuh dari sakitnya.

Kepulangan jemaah haji Jambi dari tanah suci terakhir kloter 23 pada 4 Desember 2011, dan kini mereka sudah berkumpul dengan keluarganya masing-masing. Selanjutnya jumlah jemaah haji yang meninggal dunia tercatat 11 orang, satu orang di antaranya meninggal sebelum berangkat ke tanah suci.

Satu orang meninggal saat berada di embarkasi Padang, Sumatera Barat, sementara sepuluh orang lainnya meninggal di tanah suci. Meninggalnya sepuluh jemaah haji asal Jambi itu, semuanya di makamkan di tanah suci, ada yang di Madinah, Mekah dan Jedah.

Meninggalnya sepuluh jemaah haji itu sebagian besar karena sakit dan sudah tua, berasal dari berbagai kabupaten di Provinsi Jambi. "Semua keluarga jemaah yang meninggal itu juga mengiklaskan dan minta supaya dimakamkan di tanah suci," kata Herman tanpa merinci identitas dan asal kabupaten jemaah yang meninggal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com