Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Lahar Dingin di Kali Putih dan Pabelan

Kompas.com - 03/12/2011, 17:38 WIB
Regina Rukmorini

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Banjir lahar dingin kembali terjadi di dua sungai di Kabupaten Magelang, Kali Putih dan Kali Pabelan, yang berhulu di Gunung Merapi, Sabtu (3/12/2011) sore.

Di Kali Putih, ketinggian air sungai mencapai 40 sentimeter dan di Kali Pabelan mencapai 2 meter. Banjir kali ini kembali menyebabkan sebagian kontruksi jembatan darurat yang dibuat warga di daerah Srowol, Kecamatan Muntilan, hanyut.

Banjir terjadi setelah turun hujan deras di kawasan puncak Gunung Merapi sekitar pukul 15.00. Aliran sungai kembali ke kondisi normal setelah hujan reda sekitar pukul 17.00.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, material lahar dingin mengalir sangat deras. Di sekitar jembatan Kali Pabelan, kencangnya laju material ini menimbulkan buih ketika air mengalir ke daerah cekungan yang lebih rendah daripada bagian atasnya.

Pemandangan ini menarik banyak pengemudi kendaraan roda dua dan roda empat berhenti untuk melihat banjir di sepanjang alur Kali Pabelan.

Selama terjadi banjir, relawan dan personel polisi terus berjaga di jalan untuk mengantisipasi dampak luapan banjir ke jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com