Situasi di Papua Aman

Kompas.com - 01/12/2011, 18:31 WIB
Penulis Hindra Liu
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto menegaskan, situasi di Papua pada Kamis (1/12/2011) ini aman dan kondusif. Djoko memberikan apresiasi kepada masyarakat Papua yang tak terprovokasi atas sejumlah bentrokan yang mewarnai peringatan HUT Ke-50 Organisasi Papua Merdeka di Papua.

"Ini modal yang baik pada peringatan 1 Desember. Tidak seluruh rakyat Papua menginginkan Papua rusuh," kata Djoko pada jumpa pers di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta, Kamis (1/12/2011).

Pada kesempatan itu, Djoko didampingi Kepala Polri Jenderal Timur Pradopo dan Kepala Badan Intelijen Negara Letjen TNI Marciano Norman. Djoko juga menilai upaya persuasif dan preventif yang dilakukan aparat keamanan menyambut HUT ke-50 OPM telah berhasil menciptakan keadaan yang damai.

Mantan Panglima TNI ini mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk terus membangun Papua. Namun, keberhasilan ini, salah satunya, tergantung dari masyarakat Papua.

"Jika masih menghendaki kemajuan yang lebih besar terhadap pembangunan di Papua, suasana harus kondusif. Pemerintah mengundang investor datang ke Papua. Tanpa didukung suasana yang kondusif, maka upaya pembangunan tidak akan berjalan dengan baik," kata Djoko.

Djoko menambahkan, masyarakat Papua diberikan kewenangan yang besar untuk membangun daerahnya sesuai dengan semangat otonomi daerah dan anggaran yang diterimanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.