Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terdeteksi, 1 Bus di Dasar Sungai Mahakam

Kompas.com - 01/12/2011, 09:45 WIB

TENGGARONG, KOMPAS.com - Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) mendeteksi adanya sebuah bus di bawah reruntuhan Jembatan Kertanegara yang ambruk ke dasar Sungai Mahakam, beberapa waktu lalu.

Dari tujuh titik indikasi obyek hasil side scan sonar analisis BPPT, telah dilakukan penandaan di dua titik oleh tim SAR. Berdasarkan penyelaman maka salah satu dari 2 titik tersebut adalah bus yang tenggelam bersama runtuhnya jembatan.

"Jadi dugaan adanya bus yang ikut tenggelam saat jembatan runtuh ternyata dapat dideteksi," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Kamis (1/12/2011) pagi.

Sedangkan lima titik lainnya, menurut Sutpo, akan dilakukan marking oleh tim BPPT bersama tim Brimob dan Kopaska pada pagi ini. "Siang hari ini, akan dilakukan pemetaan multibeam untuk mengetahui profil tiga dimensi secara vertikal lebih detil," jelas Sutopo.

Side scan sonar dan multibeam echosounder merupakan alat yang biasanya dioperasikan di kapal riset Baruna Jaya BPPT untuk survei laut di berbagai perairan di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com