Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Siagakan Pasukan di Wilayah Rawan

Kompas.com - 30/11/2011, 16:25 WIB
Josie Susilo Hardianto

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com- Untuk mengantisipasi perkembangan kondisi menjelang 1 Desember, polisi menyiagakan pasukan di beberapa wilayah yang dinilai rawan. Ketika dihubungi, Rabu (30/11/2011), Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Wachyono mengatakan, polisi telah menyiagakan pasukan seperti di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Timika, Sorong, dan Manokwari.

Menurut Wachyono, polisi lebih mengedepankan pendekatan preventif. Saat ini, tuturnya, kondisi umum Papua aman. Meski demikian, polisi tetap berjaga-jaga. Tidak ada penetapan status khusus terkait situasi dan kondisi Papua saat ini.

Sementara itu, di beberapa tempat warga mulai menyiapkan peringatan 1 Desember yang sering diklaim sebagai hari kemerdekaan Papua atau hari jadi Organisasi Papua Merdeka.

Di Nabire, peringatan "Hari Kemerdekaan Papua" itu akan dilaksanakan di Lapangan Bunga Bangsa, Oyehe. Untuk wilayah Jayapura dan sekitarnya, peringatan akan dipusatkan di Taman Peringatan Kemerdekaan dan Pelanggaran Hak Asasi Manusia Papua, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Dihubungi terpisah Sekjen Aliansi Mahasiswa Pegunungan Tengah Papua se-Indonesia (AMPTPI) Markus Haluk mengatakan, peringataan akan dirayakan baik secara tertutup di gedung atau gereja serta di lapangan terbuka. Perayaan itu dapat diwujudkan dalam bentuk doa bersama dan orasi politik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com