Laju Inflasi November Sekitar 0,4 Persen

Kompas.com - 30/11/2011, 15:54 WIB
Penulis Orin Basuki
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia memperkirakan laju inflasi bulan November 2011 akan lebih rendah dari 0,4 persen. Ini lebih rendah dari laju inflasi November pada tahun-tahun anggaran sebelumnya yang bisa melampaui 0,4 persen.

Direktur Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter BI Perry Warjiyo di Jakarta, Rabu (30/11/2011), mengatakan, "Biasanya inflasi November sedikit lebih tinggi dari Oktober 2011. Perkiraan dari survei terakhir bisa di bawah 0,4 persen."

Menurut Perry, hingga kini pelemahan rupiah yang terjadi belum berpengaruh terhadap inflasi. Pergerakan nilai tukar, seperti perlemahan, tidak akan langsung direspons pengusaha karena memiliki rentang tertentu dalam nilai tukar.

"Hingga kini kami belum melihat ada yang merevisi harga untuk produk dalam negeri karena perlemahan nilai tukar. Namun, untuk barang tertentu, seperti telepon genggam impor, langsung terpengaruh," ujarnya.

Dengan pergerakan inflasi seperti ini, Perry optimistis inflasi hingga akhir tahun akan berada di kisaran 3,9 persen. Sebab, laju inflasi sepanjang tahun 2011 (Januari-September) sudah 2,8 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.