Mbah Maridjan Dapat Anugerah Budaya 2011

Kompas.com - 29/11/2011, 21:29 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Almarhum Mas Penewu Suraksohargo yang lebih dikenal dengan Mbah Maridjan, mendapat penghargaan Anugerah Budaya 2011 dari Pemerintahan Provinsi DIY, dalam kategori pelestari adat dan tradisi. Pemberian penghargaan dilakukan Sekretaris Daerah Provinsi DIY Ikhsanuri, Selasa (29/11/2011) malam ini, di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta.

Almarhum Mbah Maridjan semasa hidupnya terkenal sebagai juru kunci Gunung Merapi sejak tahun 1982. Ia menggantikan ayahnya yang juga juru kunci Merapi, setelah mendapat amanah dari almarhum Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Sebelumnya, sejak tahun 1970 hingga 1982, Mbah Maridjan sudah menjabat sebagai wakil juru kunci Merapi.

Jasa Mbah Maridjan sebagai juru kunci Merapi inilah yang melandasi pemberian Anugerah Budaya 2011. Lebih dari itu, pengabdian Mbah Maridjan sebagai juru kunci dibuktikan hingga titik darah penghabisan, saat awan panas menggulung tempat tinggalnya, Dusun Kinahrejo, tahun 2010.

Waktu itu, Mbah Maridjan ditemukan meninggal di rumahnya dalam posisi sujud.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X