Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atur Cahaya, Ciptakan Suasana

Kompas.com - 29/11/2011, 18:14 WIB

KOMPAS.com - Ibarat menyantap sayur tanpa garam, sebuah tatanan interior serasa kurang lengkap tanpa kehadiran cahaya yang tepat. Justru, penataan cahaya ini berperan menciptakan suasana atau atmosfer ruangan sesuai keinginan, mulai dari suasana hangat dan nyaman, romantis, terang dan ceria, hingga untuk mendukung gaya desain, seperti klasik, modern, kontemporer, ataupun natural.

Lampu di dalam ruang pada awalnya memang hanya berfungsi untuk menerangi, tetapi pada perjalanannya juga menjadi bagian dari elemen dekoratif yang tak bisa dipisahkan untuk mengangkat estetika ruang. Teknik pencahayaan di rumah pun sangat beragam, dengan desain yang juga amat bervariasi untuk dipilih sesuai kebutuhan.

Marketing Communication Lighting Centre Lessy Setyadi memberi contoh, untuk memperoleh terang yang merata di ruang tamu dan ruang keluarga misalnya, bisa menggunakan lampu downlight. Sementara itu, jika memerlukan penerangan pada bidang atau obyek tertentu, seperti meja kerja, dapur, meja makan, gunakan lampu gantung, lampu spotlight, standing lamp atau table lamp.

Ia menjelaskan, penggunaan beberapa jenis penerangan dalam satu ruangan juga dapat membantu menciptakan suasana tertentu dan membuat ruangan tidak terlihat kaku. Ambil contoh, di dalam kamar tidur. Selain menggunakan pencahayaan terang untuk memberi penerangan tepat, bisa juga ditambahkan task lighting untuk area kerja dan accent lighting yang lebih berperan dalam segi estetika.

Accent lighting bisa digunakan sebagai lampu tidur penambah kenyamanan. Penggunaan lampu dekoratif ini pun harus mengikuti harmonisasi desain ruang secara keseluruhan.

Desain lampu sebaiknya senada, penempatannya pun tidak mengganggu ruang gerak Anda saat berada di dalam ruangan. Lampu gantung untuk meja makan, misalnya, sebaiknya tidak digantung terlalu rendah agar tidak mengganggu saat makan.

Selanjutnya, memilih warna cahaya lampu. Untuk menghasilkan suasana ruang yang hangat dan akrab, cahaya warna kuning amat berperan. Sementara itu, jika ingin memberi kesan terang merata, bisa dengan cahaya berwarna putih. Akan lebih enak menggunakan dimmer switch sehingga intensitas cahaya bisa diatur sesuai kebutuhan. (ADT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com