Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semen Gresik Yakin 2012 Tetap Tumbuh

Kompas.com - 24/11/2011, 03:08 WIB

Jakarta, Kompas - Manajemen PT Semen Gresik Tbk menyatakan keyakinannya akan mencatat pertumbuhan pendapatan 10-12 persen dan laba bersih 8-10 persen pada 2012. Proyeksi itu ditargetkan di tengah kemungkinan pelambatan penjualan 4-5 persen semen nasional karena pelambatan permintaan akibat krisis utang di Eropa yang berimbas ke pasar regional.

Hal itu dikatakan Direktur Utama PT Semen Gresik Tbk Dwi Soetjipto, Rabu (23/11), di Jakarta.

”Akan ada tekanan terhadap kinerja, khususnya biaya produksi dan persaingan harga. Tapi kita optimistis tetap tumbuh,” kata Dwi.

Semen Gresik membukukan kenaikan laba bersih Rp 2,76 triliun per 30 September atau tumbuh 9,48 persen dari posisi sama tahun lalu Rp 2,52 triliun. Per tanggal itu, laba bersih per saham dasar naik 9,41 persen menjadi Rp 465 per saham.

Dwi menyatakan, perseroan menyiapkan dana sebesar Rp 5 triliun sebagai belanja modal tahun depan. Dana itu disiapkan untuk mengakuisisi tambang batubara dan ekspansi pembangunan pabrik.

”Sekitar 40 persen dari dana itu berasal dari kas internal. Sisanya bisa diperoleh dari konsorsium perbankan,” kata Dwi.

Dwi mengaku masih mencari lahan tambang batubara. Tidak disebutkan spesifikasi berapa cadangan yang dibutuhkan perseroan. Namun, rencana itu diharapkan sejalan dengan proses peletakan fondasi pabrik baru pada 2012. Semen Gresik membangun pabrik baru di Sumatera Barat yang berkapasitas 3 juta ton pada tahun depan. Adapun lokasi satu pabrik lain di Sumatera belum diungkapkan ke publik. (BEN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com