Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertambangan, Investasi Terbesar di Koridor V

Kompas.com - 19/11/2011, 23:32 WIB
Herpin Dewanto Putro

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Koridor V Rencana Induk Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia sudah memiliki 136 proyek investasi senilai Rp 210 triliun.

Meski koridor V yang meliputi Bali dan Nusa Tenggara difokuskan menjadi pintu gerbang pariwisata dan penunjang pangan, nilai investasi terbesar justru di pertambangan.

Ò Pertambangan dominan karena nilai investasi di sektor itu sangat besar,Ó kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu usai rapat kerja koridor V di Nusa Dua, Bali, Sabtu (19/11/2011). Sektor pertambangan sebagian besar di Nusa Tenggara Timur.

Total nilai investasi di koridor V terdiri sektor pertambangan sebesar 36 persen, infrastruktur 32 persen, dan pariwisata 28 persen. Sektor lainnya adalah peternakan sebesar 3,3 persen dan perikanan 0,6 persen. Investor terbanyak dari swasta asing dan dalam negeri sebanyak 60 persen.

Meski demikian, Mari mengatakan sektor pariwisata tetap menjadi prioritas terutama s etelah Taman Nasional Komodo di NTT menang dalam ajang tujuh keajaiban baru. Besarnya nilai investasi di sektor infrastruktur merupakan salah satu cara untuk mengembangkan pariwisata.

Misalnya, pada tahun ini Bandara Internasional Lombok sudah diresmikan. Langkah selanjutnya adalah menggarap infrastruktur untuk mengembangkan wilayah wisata Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ò Artinya, keperluan jalan, listrik, dan air harus ditingkatkan,Ó kata Mari.

Kepala Dinas Pariwisata Bali Ida Bagus Subiksu menga takan pembangunan infrastruktur juga masih sangat penting di Bali. Infrastruktur yang sedang dikerjakan adalah pembangunan Pelabuhan Kapal Pesiar Tanah Ampo dan perluasan Bandara Internasional Ngurah Rai. Selain itu, Bali juga masih akan membangun satu ba ndara lagi di Kabupaten Buleleng.

Dalam rapat kerja itu, Mari mengatakan, pihaknya sedang mengevaluasi 136 proyek investasi itu. Setiap proyek akan dilihat kendalanya dan dicarikan solusinya. Pada akhir November ini, tim kerja Koridor V akan berkeliling di Bali, NTT, dan NTB untuk mengecek proyek-proyek itu.

Target naik Mari mengatakan percepatan pembangunan ini akan mampu mendukung pencapaian target wisatawan sebanyak 8 juta wisatawan pada tahun 2012. Target ini naik dari target 7,7 juta wisatawan pada tahun 2011.

"Harus optimistis karena sektor pariwisata lebih tahan terhadap krisis ekonomi," kata Mari. Untuk lebih memperbesar pencapaian target itu, pemerintah mengincar wisatawan dari negara yang tidak terkena krisis seperti China, India, dan Australia.

Direktur Utama Garuda Indonesia yang juga wakil ketua tim kerja di koridor V Emirsyah Satar mengatakan krisis akan membuat penerbangan jarak pendek diminati. "Secara regional, penerbangan ke Indonesia akan diminati karena lebih murah dan menarik," Katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com