Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petahana Peroleh Suara Terbanyak di Papua Barat

Kompas.com - 18/11/2011, 16:45 WIB
Timbuktu Harthana

Penulis

MANOKWARI, KOMPAS.com - KPU Papua Barat menetapkan pasangan petahana, Abraham O Atururi-Rahimin Katjong, memperoleh suara terbanyak dalam pilkada ulang Gubernur Papua Barat periode 2011-2016. Kandidat ini unggul dengan perolehan suara sah 43,77 persen.

Ketua KPU Papua Barat, Thimotius Sraun, Jumat (18/11/2011), dalam rapat pleno penghitungan suara tingkat provinsi, menetapkan pasangan Abraham-Katjong mendapat 186.040 suara sah. Pasangan ini mendapat peringkat pertama dalam perolehan suara pilkada ulang.

Ketua Divisi Hukum KPU Papua Barat, Filep Wamafma, menambahkan, peringkat kedua ditempati pasangan Dominggus Mandacan-Origenes Nauw dengan meraup suara 139.823 suara sah (32,89 persen).

Peringkat ketiga adalah pasangan Wahidin Puarada-Herman Orisoe dengan mendapat 92.377 suara (21,73 persen), dan urutan keempat adalah pasangan GC Auparay-Hasan Ombaier yang mengantongi 6.836 suara sah (1,61 persen).

Dalam rapat pleno ini, ada dua saksi yang menolak menandatangani berita acara, yakni saksi dari pasangan Wahidin-Herman dan Dominggus-Nauw.

Namun KPU Papua Barat tetap menetapkan hasil perolehan suara sah pilkada ulang ini. Pemilih yang menggunakan hak pilih sebanyak 430.644 orang, dengan total 425.076 suara sah. Pelaksanaan rapat pleno di Hotel Aston Niu, Manokwari, berjalan lancar dan tidak banyak interupsi dari saksi maupun panwas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com