Massa Pendukung Gusnar-Tonny Konvoi

Kompas.com - 17/11/2011, 14:36 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

GORONTALO, KOMPAS.com- Massa pendukung calon gubernur dan wakil gubernur Gorontalo Gusnar Ismail-Tonny Uloli berkonvoy mengelilingi pusat Kota Gorontalo, Kamis (17/11/2011) sore ini. Mereka meneriakkan yel-yel kemenangan bagi pasangan petahana tersebut.

Aksi ini membuat lalu lintas macet total di pusat kota. Massa berkumpul di depan rumah pribadi Gubernur Gorontalo Gusnar Ismail. Selanjutnya, mereka bergerak menuju pusat kota. Sepanjang perjalanan, mereka meneriakkan bahwa pasangan Gusnar-Tonny memenangi pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Di waktu yang sama, massa pendukung Rusli Habibie-Idris Rahim juga berencana konvoy menuju kota. Namun, rencana itu dibatalkan untuk menghindari bertemunya massa pendukung antarcalon. Dikhawatirkan akan terjadi bentrokan jika massa kedua pasangan calon bertemu.

Massa pendukung Gusnar-Tonny berkonvoy tak lama setelah beredar pesan singkat yang berisi hasil perhitungan sementara yang mengatasnamakan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Gorontalo. Isi pesan singkat lewat telepon seluler itu menyebutkan jika pasangan Gusnar Ismail-Tonny Uloli unggul atas dua pasangan lainnya, yakni Rusli Habibie-Idris Rahim dan David Bobihoe-Nelson Pomalingo.

Ketua KPU Provinsi Gorontalo Salahudin Pakaya telah membantah isi pesan singkat yang menyebar luas itu. Menurut dia, KPU tidak pernah mengumumkan hasil penghitungan sementara pemungutan suara.

KPU baru akan merekapitulasi penghitungan suara pada 22-24 November 2011 untuk tingkat provinsi. Dari hasil penghitungan cepat tiga lembaga survei, yakni Lingkaran Survei Indonesia, Victory Indonesia Consulting, dan Jaringan Suara Indonesia, pasangan Rusli-Idris unggul atas dua pasanganan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.