Ribuan Pendukung Rusli Habibie-Idris Rahim Konvoi

Kompas.com - 16/11/2011, 19:24 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

GORONTALO, KOMPAS.com - Ribuan pendukung calon gubernur dan wakil gubernur Gorontalo Rusli Habibie-Idris Rahim memadati jalanan ibu kota Provinsi Gorontalo, Rabu (16/11/2011) sore.

Dengan membawa bendera Partai Golkar dan PPP yang merupakan partai pengusung pasangan itu, massa meneriakkan kemenangan pasangan Rusli Habibie-Idris Rahim.

Saat ribuan massa yang konvoi dengan sepeda motor dan mobil memasuk pusat kota, puluhan aparta TNI dan polisi menghadang menutup jalan. Empat jalan masuk menuju rumah dinas Gubernur Gorontalo dan kantor Walikota Gorontalo ditutup aparat. Massa akhirnya memutar ke jalan lain di dalam kota Gorontalo.

Sempat terjadi ketegangan antara aparat polisi dan massa konvoi. Beberapa peserta konvoi yang nekat menerobos hadangan aparat mendapat pukulan dari pentungan kayu. Terlihat tiga sepeda motor roboh dan ditinggal lari pengendaranya.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, Rusli Habibie, anggota DPR RI Roem Kono, tampa berdiri di mobil jip di depan massa konvoy. Fadel sempat berorasi saat massa memasuki pusat kota.

Oleh tiga lembaga survei, pasangan Rusli Habibie-Idris Rahim unggul atas pasangan lain. Lingkaran Survey Indonesia menyatakan pasangan tersebut meraih suara 43,96 persen. Disusul berikutnya oleh pasangan petahana Gusnar Ismail-Tonny Uloli 30,32 persen dan 25,72 persen diraih pasangan David Bobihoe-Nelson Pomalingo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.