Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Pendukung Rusli Habibie-Idris Rahim Konvoi

Kompas.com - 16/11/2011, 19:24 WIB
Aris Prasetyo

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com - Ribuan pendukung calon gubernur dan wakil gubernur Gorontalo Rusli Habibie-Idris Rahim memadati jalanan ibu kota Provinsi Gorontalo, Rabu (16/11/2011) sore.

Dengan membawa bendera Partai Golkar dan PPP yang merupakan partai pengusung pasangan itu, massa meneriakkan kemenangan pasangan Rusli Habibie-Idris Rahim.

Saat ribuan massa yang konvoi dengan sepeda motor dan mobil memasuk pusat kota, puluhan aparta TNI dan polisi menghadang menutup jalan. Empat jalan masuk menuju rumah dinas Gubernur Gorontalo dan kantor Walikota Gorontalo ditutup aparat. Massa akhirnya memutar ke jalan lain di dalam kota Gorontalo.

Sempat terjadi ketegangan antara aparat polisi dan massa konvoi. Beberapa peserta konvoi yang nekat menerobos hadangan aparat mendapat pukulan dari pentungan kayu. Terlihat tiga sepeda motor roboh dan ditinggal lari pengendaranya.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, Rusli Habibie, anggota DPR RI Roem Kono, tampa berdiri di mobil jip di depan massa konvoy. Fadel sempat berorasi saat massa memasuki pusat kota.

Oleh tiga lembaga survei, pasangan Rusli Habibie-Idris Rahim unggul atas pasangan lain. Lingkaran Survey Indonesia menyatakan pasangan tersebut meraih suara 43,96 persen. Disusul berikutnya oleh pasangan petahana Gusnar Ismail-Tonny Uloli 30,32 persen dan 25,72 persen diraih pasangan David Bobihoe-Nelson Pomalingo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com