Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI AU Resmikan Radar Baru di Maluku

Kompas.com - 16/11/2011, 15:17 WIB
Edna C Pattisina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - TNI AU melengkapi jajaran radarnya di wilayah timur Indonesia dengan  peresmian Satuan Radar (Satrad) 245 Saumlaki sekaligus melantik Letkol Lek. Supriyadi sebagai Komandan Satrad 245, di Pulau Yamdena Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).

Kepala Dispen TNI AU Marsekal Pertama Azman Yunus, Rabu (16/11), mengutip pernyataan KSAU Marsekal Imam Sufaat bahwa satuan radar memiliki fungsi yang sangat vital bagi organisasi perang dalam menjaga kedaulatan negara.  

Pembangunan Satrad 245 Saumlaki, Selasa (15/11/2011) lalu, merupakan perwujudan program strategis yang telah disusun untuk mengatasi situasi dan kondisi serta kerawanan wilayah udara Bagian Timur Indonesia terhadap pelanggaran udara.

Radius jangkauan radar Saumlaki akan over lapping dengan Satrad 241 Buraen di Kupang dan Satrad 243 Timika yang tidak lama lagi akan diresmikan pengoperasiannya. Sehinga nantinya secara utuh wilayah udara Indonesia bagian tenggara dapat dicover oleh satuan-satuan radar yang saling over lapping diantaranya Satrad 244 Merauke, Satrad 243 Timika, Satrad 245 Saumlaki dan Satrad 241 Buraen.

 

Selain itu, radar juga harus mampu menuntun dan mengendalikan pesawat tempur sergap menuju sasaran atau membantu meningkatkan kewaspadaan pesawat penyerang, pesawat transport maupun helikopter pada saat melakukan operasi.

 

Dengan penempatan Satrad 245 Saumlaki diharapkan dapat mengoptimalkan kemampuan pertahanan dan keamanan di daerah perbatasan, mengawal patroli udara mengawasi kapal-kapal yang dicurigai melakukan tindakan kejahatan illegal fishing di perairan Maluku, khususnya di seputar laut Arafuru, yang memiliki potensi sumber daya perikanan dan kelautan yang melimpah.(EDN)

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com