Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Pondok Labu Belum Surut

Kompas.com - 16/11/2011, 13:05 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Derita warga RT 10 dan RT 11 Kampung Pulo, Cilandak, Jakarta Selatan, belum juga usai. Banjir yang merendam kawasan permukiman warga sejak 31 Oktober itu belum surut hingga saat ini.

Menurut Sugiyono, Ketua RT 11 Kampung Pulo, banjir itu sempat surut pada Selasa malam, tetapi ketinggian air kini kembali  naik hingga 80-90 sentimeter.

"Air sekalipun belum pernah kering. Dulu juga pernah banjir tahun 2002 dan 2007, tetapi enggak berhari-hari kayak gini," ujarnya, Rabu (16/11/2011).

Berdasarkan pantauan KOMPAS.com, masyarakat Kampung Pulo mengalami kesulitan melakukan aktivitasnya, bahkan ada warga yang mengeluh kepada wartawan karena sudah hampir sebulan tidak bekerja karena mengurus rumah yang terkena banjir.

Ditanya mengenai apa yang menjadi keluhan warga, Sugiyono mengatakan, keluhan warga hanya tertuju pada banjir yang tak kunjung surut. "Keluhan yang tidak pernah berhenti itu kenapa air enggak surut-surut. Kalau penyakit sih, itu wajar," katanya.

Wilayah Kampung Pulo, Pondok Labu, Jakarta Selatan, banjir akibat menyempitnya Kali Krukut yang melintas dekat permukiman mereka. Penyempitan terjadi karena pembangunan turap oleh Marinir Cilandak. Meski sudah mengadu ke berbagai pihak, hingga kini warga belum mendapat solusi yang jelas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com