Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani Jaken Panen Bawang Merah

Kompas.com - 14/11/2011, 13:03 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Petani bawang merah di Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Senin (14/11/2011), tengah memasuki panen bawang merah. Hasil panen tanaman bawang merah kali ini dinilai bagus.

Karyono, petani bawang di Desa Manjang, Kabupaten Pati, mengemukakan, biaya produksi untuk tanaman bawang merah 1,5 hektar itu lebih kurang Rp 45 juta. Dengan hasil panen bawang merah kali ini, bila harga bawang merah stabil di angka Rp 7.000 per kilogram, mestinya pendapatan dari hasil panen itu bisa mencapai lebih dari Rp 60 juta.

Tapi sejumlah petani bawang di Pati, seperti halnya B Sunaryo, mengeluh, pada saat petani panen, harga bawang merah cenderung turun. Harga bawang di tingkat petani kini hanya Rp 4.000 per kilogram.

Harga ini dinilai sudah rendah karena pembelian bawang hasil panen itu banyak dilakukan oleh para tengkulak. "Kalau melihat hasil panen bawang kali ini, petani mestinya bisa untung. Umbi bawang juga lumayan besar. Hanya harga, kok, tampaknya masih jadi permainan para tengkulak," ujar Sunaryo, petani bawang di Jaken, Pati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com