Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Memble", Aspal Proyek Gorong-gorong Sudirman Amblas!

Kompas.com - 12/11/2011, 14:37 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek perbaikan saluran air atau gorong-gorong di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman untuk sementara dihentikan selama perhelatan SEA Games XXVI berlangsung di Jakarta. Untuk menutup proyek yang belum rampung itu, pelaksana proyek akhirnya mengaspal jalanan dan sempat dibongkar.

Pengaspalan tersebut dilakukan sejak Rabu (9/11/2011) hingga Kamis (10/11/2011) lalu. Namun, pengaspalan itu rupanya belum sempurna sehingga membuat beberapa jalan yang baru diaspal amblas saat dilalui kendaraan-kendaraan besar seperti bus dan truk.

Bekas-bekas lekukan jalan yang amblas pun mudah ditemui di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman menuju Blok M. Sebuah truk bahkan terperosok sedalam 30 cm pada Kamis lalu akibat amblasnya jalan aspal tersebut di depan Wisma Sudirman.

Seorang pengendara sepeda motor, Helmi Syarief (32), mengeluhkan jalanan yang tidak rata tersebut. Menurutnya, amblasnya jalanan di kawasan ini membuat pengendara harus ekstra hati-hati. Pasalnya, lekukan bekas ceplakan ban kendaraan bisa saja membuat kendaraan roda dua terjatuh.

"Makanya, itu kebanyakan motor sekarang malah lebih milih naik ke trotoar karena jalur lambat di Sudirman jadi padat karena mobil dan kendaraan melambatkan lajunya untuk menghindari bekas amblesan jalan," kata Helmi, Sabtu (12/11/2011).

Pengendara lainnya, Anshar Dwi Wibowo (27), juga melontarkan kritik terhadap pelaksanaan proyek yang terkesan sembarangan itu.

"Sudah bukan seperti Jalan Sudirman lagi, malah kayak jalan kampung. Malu-maluin kan, padahal ini lagi SEA Games," tutur Anshar.

Ia juga meragukan kualitas Jalan Jenderal Sudirman tidak akan sama seperti dulu.

"Kalau asal-asalan begini, kualitas jalannnya meragukan," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Idee Murni Pratama, Daniel Hutapea, sebagai pelaksana proyek mengatakan aspal yang ambrol tersebut memang bersifat sementara.

"Ini sifatnya sementara, tidak tetap. Aspal yang amblas itu karena di bawahnya belum ada gorong-gorong, jadi mudah turun," kata Daniel saat dihubungi.

Daniel mengatakan, proses pengerjaan proyek gorong-gorong ini akan dilaksanakan lagi pada 22 November mendatang atau seusai perhelatan SEA Games. Pekerjaan proyek lanjutan ini ditargetkan selesai pertengahan Desember 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com