Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Sampah Menjanjikan

Kompas.com - 12/11/2011, 02:19 WIB

Ayu Sulistyowati

Siapa bilang sampah itu menjijikkan? Kami mampu membuatnya menjanjikan! Menjanjikan kebersihan lingkungan, kesehatan tanaman dengan kompos, hingga pertanggungjawaban pada alam. Itulah tekad I Nyoman Warta dari PT Jimbaran Lestari, si penyedia jasa pengelolaan sampah di Jimbaran, Badung, Bali.

Sejak dirintis pada tahun 1994, sebanyak 35 hotel, restoran, dan vila dari kelas melati sampai bintang lima di kawasan Jimbaran, Nusa Dua, Kuta (Kabupaten Badung), dan sekitar Sanur (Kota Denpasar), telah terdaftar menjadi penyewa jasa mereka. Harga sewanya pun bervariasi, mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 6 juta per bulannya.

Lalu, apa yang didapatkan dari janji-janji PT Jimbaran Lestari? Segala sampah yang dimiliki si penyewa mendapatkan jasa pengangkutan, pemilahan, pengolahan, dan pembuangan sisa sampah tak terpakai ke tempat pembuangan akhir.

Harga kontrak pun disesuaikan dengan jumlah sampah dan jarak pengangkutan yang telah dikalkulasi sebelum sepakat.

Istimewanya, semua penyewa jasa PT Jimbaran Lestari mendapatkan laporan setiap bulannya. Isi laporannya, antara lain, berapa banyak sampah yang ditimbang dari sampah dapur, sampah kebun, dan sampah kamar-kamar, dan semua dihitung persentasenya seberapa besar dari sampah itu yang mampu didaur ulang atau dimanfaatkan kembali.

”Mereka biasanya kami ingatkan ketika jumlah sampah yang tak bisa dimanfaatkan ini naik setiap bulannya. Layanan ini justru disenangi para hotel, terutama yang berbintang. Bagi mereka, peringatan dari laporan ini penting untuk pertanggungjawaban terhadap lingkungan. Maklum, perhotelan kini dituntut ramah lingkungan,” kata I Nyoman Warta (30), Asisten Manajer PT Jimbaran, beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu. Para penyewa jasa pun menerima kembali kompos-kompos dari daur ulang sampah kebun mereka dengan gratis! Pengangkutannya pun disediakan dari Jimbaran Lestari. Pokoknya paket lengkap urusan sampah.

Selain itu, Jimbaran Lestari juga melaporkan kepada semua penyewanya perjalanan sampah-sampah tersebut. Bahkan, Jimbaran Lestari tak ingin menerima risiko dengan memberikan sampahnya kepada orang sembarangan yang ingin membeli sampahnya.

Menurut Warta, ia harus tahu semua sampah tadi bisa termanfaatkan dengan baik dan benar, terutama harus ramah terhadap lingkungan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com