Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengidap HIV/AIDS Naik Hampir Dua Kali Lipat

Kompas.com - 10/11/2011, 18:37 WIB
Runik Sri Astuti

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com — Jumlah pengidap penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, tahun 2011 naik hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Terjadi pergeseran dominasi pengidap dari sebelumnya para pekerja seks komersial kepada ibu rumah tangga.

Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Upaya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun Soelistyo Widyantono, Kamis (10/11/2011),  mengatakan, sampai dengan Oktober 2011 ditemukan 40 pengidap baru. Satu orang di antaranya anak balita.

Jumlah itu meningkat dibandingkan tahun 2010 yang hanya ditemukan 28 pengidap baru dan tahun 2009 yang hanya belasan pengidap baru.

"Dari 40 pengidap baru itu, sebanyak 28 persen adalah ibu rumah tangga biasa dan hanya 15 persen yang berasal dari kelompok pekerja seks komersial," ujar Soelistyo.

Jumlah pengidap yang ditemukan kemungkinan masih akan bertambah dalam dua bulan terakhir di pengujung tahun ini. Temuan kasus HIV/AIDS di Madiun ini tergolong tinggi karena rata-rata setiap bulan lebih dari empat kasus.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com