Wali Kota Surabaya Janji Audit Satwa KBS

Kompas.com - 08/11/2011, 15:04 WIB
EditorKistyarini

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini berjanji segera mengaudit seluruh satwa di Kebun Binatang Surabaya (KBS) begitu mendapatkan hak mengelola kebun binatang itu.

Diberitakan sebelumnya, seekor komodo koleksi KBS ditemukan mati di kandangnya pada Selasa (8/11/2011). Kematian satwa ini bukanlah yang pertama bagi KBS, karena sebelumnya beberapa satwa penghuni KBS mati.

“Hasil auditnya akan saya laporkan ke seluruh warga Surabaya yang selama ini memanfaatkan KBS sebagai tempat rekreasi dan belajar,” kata Risma.

Risma datang ke KBS bersama Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Coki Manurung. Keduanya sempat dilarang masuk ke ruang karantina KBS, tempat hewan langka itu diotopsi. Mereka tertahan di luar bersama para wartawan sebelum akhirnya diizinkan masuk.

“Seharusnya otopsi dilakukan pihak independen karena komodo binatang dilindungi,” kata Coki. Dia sempat melontarkan kekecewaannya karena pihak KBS tidak langsung melaporkan kematian komodo betina berusia 20 tahun itu ke pihak kepolisian.

"Kalau ada kasus kematian seperti ini harusnya segera melapor pada polisi. Kami justru mendengarnya dari orang luar," ujar Coki.

Pihak KBS sendiri menyatakan belum mengetahui penyebab kematian komodonya itu. Humas KBS, Anthan Warsito, mengatakan, komodo itu sudah menunjukkan gejala penurunan kondisi kesehatan sejak beberapa hari sebelumnya. Salah satunya adalah komodo itu tidak mau makan.

Namun, tim kesehatan KBS tidak mau berspekulai. "Kami tidak mau berspekulasi soal penyebab kematiannya, karena itu kami tetap menginginkan ada otopsi," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.