Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Budaya Flores Songsong 7 Kejaiban Dunia

Kompas.com - 07/11/2011, 10:49 WIB
Frans Sarong

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com- Festival budaya Flores akan digelar di Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, selama dua hari, Kamis-Jumat (11/11/2011). Festival itu adalah rangkaian berbagai kegiatan menyongsong sekaligus memeriahkan pengumuuman seleksi tujuh keajaiban dunia.

"Kami tidak peduli hasil seleksi akhirnya seperti apa, karena komodo tetap ajaib dan tidak tergantikan. Namun momentum pengumumannya dimeriahkan dengan berbagai acara, di antaranya festival budaya Flores itu," tutur Kepala Dinas Pariwisata Manggarai Barat Paulus Selasa di Labua Bajo, Senin (7/11/2011) pagi.

Flores dan pulau sekitarnya merupakan wilayah dari 9 kabupaten di NTT. Hingga Senin pagi tercatat enam kabupaten di antaranya yang sudah memastikan diri akan ambil bagi dari festival tersewbut.

Keenam kabupaten itu selain Manggarai Barat sebagai tuan rumah, lima lainnya adalah Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo dan Ende. Festival itu sedianya akan dibuka oleh Gubernur NTT Frans Lebu Raya.

Selain festival budaya Flores, pengumuman 7 keajaiban dunia juga dimeriahkan lomba lari lintas alam seputar Kota Labuan Bajo, pentas musik etnis, pagelaran caci -atraksi budaya saling melecut dengan cemeti- dan juga gerak jalan massal.

Rangkaian acara lainnya adalah pementasan tarian khas Manggarai bernama ndundu ndake, yang akan berlangsung, Jumat (11/11/2011) sekitar pukul 19.00 wita. "Tarian ini juga dalam rangka rekor muri karena melibatkan peserta sangat banyak, 2011 orang," tambah Paulus Selasa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com