Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Adipura, Mangga Besar Dibersihkan

Kompas.com - 06/11/2011, 15:13 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kelurahan Maphar, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, mengadakan pembersihan lingkungan pada hari Idul Adha. Lurah Maphar Munjirin menyatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari persiapan wilayah Jakarta Barat untuk meraih Adipura.

"Besok akan ada peninjauan dari Kementerian (Lingkungan Hidup)," ungkap Munjirin saat ditemui di bilangan Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat, Minggu (6/11/2011). Pembersihan di kawasan yang meliputi Mangga Besar dan Hayam Wuruk ini dilakukan dengan bantuan satu mobil pemadam kebakaran.

Pembersihan, kata Eko Sumarno, petugas pemadam kebakaran Taman Sari, difokuskan pada area selasar dan trotoar di sepanjang pertokoan. Selain selasar, saluran air di sepanjang Hayam Wuruk dan Mangga Besar juga dibersihkan.

Sejak sebulan lalu, di depan pertokoan juga digantung pot-pot bunga berukuran kecil. "Lahan-lahan kosong telah kami isi dengan pot-pot bunga ukuran besar," kata Munjirin.

Tempat-tempat sampah baru sudah disiapkan di kantor kelurahan. Ia berharap warga di kawasan tersebut ataupun yang melintas bisa memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan dan keindahan kota dengan membuang sampah di tempat yang disediakan.

Sebelumnya, di kawasan tersebut sudah diadakan penertiban parkir di jalan (on street). Selain mengatasi masalah kemacetan, penertiban area parkir, menurut Munjirin, merupakan salah satu langkah awal untuk memperindah kawasan Hayam Wuruk dan sekitarnya.

Untuk selanjutnya, mereka berharap para pedagang ikut menjaga ketertiban dengan tidak memanfaatkan lahan selasar dan trotoar untuk berdagang.

Menurut rencana, besok, tempat sampah akan disebar ke semua ruang terbuka di Kelurahan Maphar. "Kami tidak ingin kecolongan lagi seperti tahun lalu. Moga-moga tahun depan Jakarta bisa dapat Adipura," ujar Munjirin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com