Demi Adipura, Mangga Besar Dibersihkan

Kompas.com - 06/11/2011, 15:13 WIB
Penulis Imanuel More
|
EditorGlori K. Wadrianto

JAKARTA, KOMPAS.com — Kelurahan Maphar, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, mengadakan pembersihan lingkungan pada hari Idul Adha. Lurah Maphar Munjirin menyatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari persiapan wilayah Jakarta Barat untuk meraih Adipura.

"Besok akan ada peninjauan dari Kementerian (Lingkungan Hidup)," ungkap Munjirin saat ditemui di bilangan Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat, Minggu (6/11/2011). Pembersihan di kawasan yang meliputi Mangga Besar dan Hayam Wuruk ini dilakukan dengan bantuan satu mobil pemadam kebakaran.

Pembersihan, kata Eko Sumarno, petugas pemadam kebakaran Taman Sari, difokuskan pada area selasar dan trotoar di sepanjang pertokoan. Selain selasar, saluran air di sepanjang Hayam Wuruk dan Mangga Besar juga dibersihkan.

Sejak sebulan lalu, di depan pertokoan juga digantung pot-pot bunga berukuran kecil. "Lahan-lahan kosong telah kami isi dengan pot-pot bunga ukuran besar," kata Munjirin.

Tempat-tempat sampah baru sudah disiapkan di kantor kelurahan. Ia berharap warga di kawasan tersebut ataupun yang melintas bisa memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan dan keindahan kota dengan membuang sampah di tempat yang disediakan.

Sebelumnya, di kawasan tersebut sudah diadakan penertiban parkir di jalan (on street). Selain mengatasi masalah kemacetan, penertiban area parkir, menurut Munjirin, merupakan salah satu langkah awal untuk memperindah kawasan Hayam Wuruk dan sekitarnya.

Untuk selanjutnya, mereka berharap para pedagang ikut menjaga ketertiban dengan tidak memanfaatkan lahan selasar dan trotoar untuk berdagang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut rencana, besok, tempat sampah akan disebar ke semua ruang terbuka di Kelurahan Maphar. "Kami tidak ingin kecolongan lagi seperti tahun lalu. Moga-moga tahun depan Jakarta bisa dapat Adipura," ujar Munjirin.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X