Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

101 Hewan Kurban untuk Warga Kurang Mampu

Kompas.com - 06/11/2011, 12:03 WIB
Khaerul Anwar

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com — Sedikitnya 101 hewan kurban dibagikan kepada masyarakat guna menyambut hari raya Idul Adha di Nusa Tenggara Barat. Hewan kurban itu berasal dari dinas lingkup Provinsi Nusa Tenggara Barat, Pemerintah Kota Mataram, serta sumbangan warga dan swasta.

"Ada lima sapi yang dipotong di halaman Kantor Wali Kota Mataram. Kemudian, dagingnya dibagikan kepada masyarakat tidak mampu," ujar Cukup Wibowo, Kepala Bagian Humas Kota Mataram, Minggu (6/11/2011), seusai salat Idul Adha di Mataram.

Hewan kurban yang dikumpulkan Pemprov NTB dan Pemkot Mataram itu meliputi 29 sapi dan 81 kambing. Sebagian besar ternak itu didistribusikan ke panti asuhan anak yatim, pondok pesantren, serta desa di NTB ataupun Kota Mataram untuk dibagikan kepada yang berhak menerima.

Salat Idul Adha di Mataram dipusatkan di beberapa lokasi, seperti halaman Kantor Gubernur NTB, halaman eks Kantor Bupati Lombok Barat, dan Lapangan Polda NTB.

Cuaca agak sejuk membalut suasana pelaksanaan shalat Idul Adha setelah sore dan malam sebelumnya Mataram diguyur hujan meski tidak sampai terjadi genangan atau membuat becek lokasi shalat.

Tuan Guru H Husnul Khatori selaku khatib shalat Idul Adha di halaman Kantor Pemprov NTB dalam kotbahnya menguraikan hikmah Idul Kurban.

Katanya, Idul Kurban memiliki pesan moral seperti ketakwaan, loyalitas, dan solidaritas sosial yang hendaknya menjadi tuntunan tiap individu dalam kehidupan berbangsa dan negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com