Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Pasir Tak Peduli Lahar Dingin

Kompas.com - 04/11/2011, 14:26 WIB
Aloysius Budi Kurniawan

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Hujan deras kembali turun di lereng Gunung Merapi, Jumat (4/11/2011) siang. Meski hujan lebat, truk-truk pengangkut pasir tak beranjak dari Kali Gendol.

Puluhan truk tampak beriringan menuju Kali Gendol di Dusun Bronggang, Desa Argomulyo, Cangkringan, Sleman meski lahar dingin mulai turun. Beruntung hujan deras cepat reda sehingga aliran lahar tak membesar.

Pada, Kamis (3/11) malam, lahar dingin Merapi telah meluncur di kawasan Kali Putih dan menerjang Jalan Magelang di Jumoyo, Gulon, Magelang. Meski tidak sebesar di Kali Putih, lahar dingin juga mengalir di Kali Gendol dan Kali Kuning.

Komandan Komando Rayon Militer (Koramil) Cangkringan Kapten Arly Iskandar yang turut memantau kondisi aliran lahar dingin mengatakan, lahar dingin besar biasanya muncul jika hujan deras turun di puncak dan lereng Merapi selama 6 jam berturut-turut.

"Kemarin hujan baru turun 1,5 jam dan untung segera berhenti. Aliran lahar cenderung mengarah ke sisi barat yang lebih rendah," paparnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com