Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Wedangan" Solo

Kompas.com - 03/11/2011, 03:19 WIB

Hampir tak ada wisatawan ke Solo yang tidak menyempatkan wedangan (nongkrong di warung sambil minum teh) jika bermalam di Solo, Jawa Tengah. Itu pula yang dilakukan Rektor Universitas Parahyangan Robertus Wahyudi Triweko yang baru dua bulan dilantik, ketika berada di Kota Solo, akhir pekan lalu.

Seusai menghadiri puncak acara reuni intan (60 tahun) SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Surakarta, Triweko bersama rekan-rekan seangkatan St Yosef tahun 1972 meluncur ke Warung Wedangan Pak Basuki di Purwosari, Solo.

Di warung tersebut, ternyata rombongan alumni dari sejumlah angkatan juga sudah berkumpul. ”Wah, reuninya pindah ke sini rupanya,” kata Guru Besar Bidang Teknik Sumber Daya Air Unpar itu.

Bagi doktor lulusan Colorado State University ini, wedangan atau yang dulu zaman dia sekolah dikenal dengan sebutan hik itu tak sekadar nostalgia. ”Warung hik sekarang ini adalah penopang ekonomi Kota Solo yang sepantasnya diberi tempat dan dihargai oleh pemerintah setempat,” katanya.

”Adalah kebahagiaan tersendiri bertemu rekan-rekan yang sudah berpisah 40-an tahun. Juga bertemu dengan adik-adik angkatan yang juga hebat-hebat,” katanya soal reuni sekolah menengah atasnya.

(msh)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com