Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Ambil Alih Kebun Binatang Surabaya

Kompas.com - 01/11/2011, 18:28 WIB
Nawa Tunggal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, menerima usulan Dewan Kota, Selasa (1/11/2011) sore, untuk mengambil alih manajemen dan pengelolaan Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Dewan Kota juga meminta dukungan warga Surabaya, untuk mempertahankan kebun binatang di tengah kota itu, dari pengalihan fungsinya sebagai kawasan publik lainnya seperti perhotelan.

"Jika memang belum ada alokasi dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Surabaya, kita ajak 3,5 juta warga Surabaya iuran dana untuk pengelolaan kebun binatang ini," kata anggota Dewan Kota Surabaya, Tjuk Sukiadi, di ruang kerja Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, yang akrab dipanggil Risma.

Menurut Tjuk, saat ini status kepemilikan lahan KBS berada di tangan Pemerintah Kota Surabaya.

Risma mengatakan, Senin pekan depan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan mengambil alih manajemen Kebun Binatang Surabaya (KBS) apapun risikonya.

Risma menyampaikan, sebelumnya ada di antara para pengelola KBS yang datang ke ruang kerjanya, menyampaikan kesulitan dana dan hendak menggandeng investor untuk pengelolaan KBS, supaya lebih baik dengan kompensasi pembangunan hotel di lahan KBS tersebut.

"Saya menolak pembangunan hotel menggunakan lahan KBS. KBS merupakan kebanggaan warga Surabaya," kata Risma.

Pengelola KBS juga pernah mengemukakan keinginan menarik koleksi satwa yang ada saat ini. Risma menyatakan, tidak berkeberatan jika hal itu terjadi. (AGNES SWETTA PANDIA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com