Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Petasan Dapat Santunan

Kompas.com - 31/10/2011, 16:52 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

DEMAK, KOMPAS.com — Bupati Demak, Jawa Tengah, Tafta Zani, Senin (31/10/2011), setelah mengunjungi lokasi terjadinya ledakan petasan yang menewaskan empat warga, akhirnya memberikan bantuan santunan.

Warga yang meninggal akibat ledakan petasan diberi santunan sebesar Rp 2 juta per orang, sedangkan warga yang sakit mendapat santunan perawatan sebesar Rp 1 juta.

Pemberian santunan itu diberikan melalui Kepala Desa Bulusari Mashudi. yangTafta Zani berharap, kejadian meledaknya petasan yang dibuat oleh warga bisa menjadi pelajaran berharga sehingga warga supaya lebih berhati-hati dan sebaiknya tidak perlu membuat petasan yang bisa menimbulkan kecelakaan yang menelan korban jiwa.

Mashudi mengemukakan, membuat petasan memang sudah tradisi warga di desa ini setiap kali menjelang perayaan hari besar. Kalau warga punya uang, mereka membuat petasan.

Membuat petasan juga tidak sedikit biaya. Padahal, warga banyak yang bekerja sebagai buruh tani dan pekerja serabutan di perkotaan. Namun, Mashudi membantah kalau petasan yang dibuat warga itu diperjualbelikan ke masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com