Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Calon Pemilih Mencurigakan

Kompas.com - 31/10/2011, 09:17 WIB
Kris R Mada

Penulis

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com- Data calon pemilih untuk pemilihan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mencurigakan. KPU diharapkan serius memperbaiki data itu.

Anggota KPU Kepuluan Bangka Belitung (Babel) Syawaluddin mengatakan, KPU sudah memeriksa data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) dari Pemprov Babel. Dari 905.373 penduduk, KPU menemukan 31.705 data mencurigakan. "Sekarang sedang dalam tahap verifikasi lapangan apakah data mencurigakan itu sesuai fakta atau tidak," ujarnya di Pangkal Pinang, Senin (31/10/2011).

Berdasarkan pemeriksaan di komputer, ditemukan 10.777 calon pemilih dengan nama dan tanggal lahir sama. Pemeriksaan juga menemukan 376 calon pemilih memegang KTP ganda dan 16.291 calon pemilih berusia di bawah 17 tahun. KPU menemukan pula 1.240 calon pemilih berusia di atas 90 tahun dan data 3.021 lainnya tidak lengkap.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Babel Firman Pardede mengatakan, KPU harus serius membersihkan data pemilih. Panwaslu khawatir muncul gugatan karena ketidakberesan data pemilih. "Jangan sampai yang tidak berhak malah didata dan yang berhak malah tidak masuk," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com