Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temuan Tulang Orangutan Diteliti Unmul

Kompas.com - 28/10/2011, 16:03 WIB
Harry Susilo

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com -- Universitas Mulawarman (Unmul) meneliti tulang-belulang yang diduga berasal dari bangkai orangutan (Pongo pygmeus). Tulang tangan, rahang, tengkorak, dan kaki, itu ditemukan warga di kawasan perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Muara Kanan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Ahli orangutan dari Unmul, Yaya Rayadin menyatakan belum bisa memastikan apakah tulang itu memang dari bangkai orangutan. Untuk mengidentifikasinya, dia membutuhkan bantuan ahli anatomi orangutan. "Nanti saya akan lihat bersama dengan rekan untuk memastikannya ," kata Yaya, Jumat (28/10/2011)  di Laboratorium Pusat Penelitian Hutan Tropis Unmul, Samarinda.

Melalui identifikasi tulang dari ahli maka dapat diketahui jenis hewan dan penyebab kematiannya. "Tapi (penelitian) itu butuh waktu," ujar Yaya.

Tulang itu, menurut Reza Achmad dari Centre for Orangutan Protection (COP), dapat memberi titik terang terhadap penyelidikan kasus pembunuhan puluhan orangutan di Desa Puan Cepak, Kecamatan Muara Kaman, yang terjadi dalam rentang waktu 2009-2010.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas, perusahaan sawit memberi imbalan Rp 1 juta untuk setiap ekor orangutan yang ditangkap. Orangutan di kawasan tersebut dianggap hama karena memakan sawit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com