Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Letusan Masih Terjadi di Kawah Tompaluan

Kompas.com - 27/10/2011, 19:44 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Gunung Lokon di Provinsi Sulawesi Utara masih meletus kecil sampai beberapa kali pascaletusan Rabu (26/10) pukul 17.19 WITA dan letusan susulan 17.29 WITA.

"Pasca letusan utama yang memuntahkan debu setinggi 1.200 meter, letusan-letusan kecil masih terjadi hingga hari ini," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu di Kakaskasen, Kota Tomohon, Farid Ruskanda Bina, di Tomohon, Kamis (27/10/2011).

Dia menjelaskan, pascaletusan kemarin, dalam periode waktu 18.00 WITA sampai 24.00 WITA terjadi lima kali letusan susulan masing-masing pukul 18.18 WITA, 19.22 WITA, 19.14 WITA, 22.15 WITA dan 23.02 WITA.

Dua letusan kategori kecil dengan ketinggian sekitar 400 meter juga masih terekam pada periode waktu 00.00 WITA hingga 06.00 WITA, hari ini. Letusan tersebut terjadi pukul 00.45 WITA dan 05.56 WITA. "Gempa vulkanik yang terekam kemarin mencapai 200-an lebih. Hari ini frekwensi kegempaannya semakin menurun," kata Farid.

Meski demikian, dia menjelaskan, secara keseluruhan aktivitas Gunung Lokon masih tinggi karena tremor vulkanik masih terus terekam tanpa henti. Tremor vulkanik ini diindikasikan ada material yang naik menuju permukaan kawah ataupun ada embusan asap.

"Kita bisa melihat kadang-kadang yang keluar hanya asap. Tapi kadang kala juga kalau agak besar amplitudonya embusannya diiringi dengan material debu," ungkapnya.

Amplitudo tremor vulkanik, ujar dia, semakin menurun dari lima milimeter hingga 30 milimeter dibanding sebelumnya satu milimeter hingga 45 milimeter.

Farid berharap, meskipun frekwensi gempa vulkanik terus menurun serta amplitudo tremor semakin mengecil, warga harus tetap waspada. Warga harus mengikuti rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung untuk tidak melakukan aktivitas di radius bahaya 2,5 kilometer dari kawah Tompaluan, Gunung Lokon.

"Letusan masih terjadi. Dan bisa saja ada lontaran material pijar. Hendaknya terus berhati-hati dan jangan panik. Hingga kini statusnya masih siaga level III, tidak dinaikkan meski terjadi letusan," katanya.

Gunung Lokon di Sulawesi Utara Rabu (26/10) pukul 17.19 kembali meletus dan mengeluarkan material pijar dan debu vulkanik. Tinggi letusan diperkirakan 1.200 meter dari kawah Tompaluan. Dalam waktu 10 menit kemudian, terjadi letusan susulan. Debu vulkanik dimuntahkan setinggi 500 meter dan berangsur-angsur kembali normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com