Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tony Blair Akan Disambut Tari Ganggereng

Kompas.com - 27/10/2011, 14:15 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Kedatangan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis (27/10/2011), akan disambut tarian ganggereng. Pertunjukan khas Kalteng yang ditampilkan empat penari itu bertujuan menyambut tamu agung diiringi musik khas tradisional setempat.

Mereka berasal dari Sanggar Betang Tatuhiang. Pimpinan Sanggar Betang Tatuhiang, Tony Sulantri, mengatakan, para penari telah siap di Bandar Udara Tjilik Riwut, Palangkaraya, sejak sekitar pukul 12.00. Mereka mengenakan kostum berwarna merah dan ikat kepala dengan bulu burung enggang.

Tarian akan ditampilkan sekitar 3 menit sebelum Blair memasuki ruang bandara. Rencananya Blair tiba di Palangkaraya sekitar pukul 13.45. Namun, hingga pukul 14.00, Blair belum juga tiba sehingga para penari terlihat masih bersantai-santai di tempat duduk Bandara Tjilik Riwut.

Di luar terlihat gapura kecil terbuat dari kayu. Gapura itu akan digunakan untuk upacara penyambutan atau potong pantan. Di bagian tengah gapura dengan hiasan daun kelapa serta selendang berwarna-warni itu terlihat kayu yang melintang dan ditutup kain merah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com