Gubernur Sumsel: Tak Ada Pemusnahan Anjing - Kompas.com

Gubernur Sumsel: Tak Ada Pemusnahan Anjing

Kompas.com - 26/10/2011, 14:42 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com — Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin membantah adanya pembasmian anjing atau satwa lainnya terkait pelaksanaan SEA Games XXVI di Palembang.

"Isu pemusnahan anjing dan satwa lainnya terkait pelaksanaan SEA Games, saya nyatakan tidak benar. Tidak ada pemusnahan anjing di Palembang," kata Alex, saat mendampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng meninjau arena SEA Games XXVI di Jakabaring Sport City, Palembang, Rabu (26/10/2011).

Menurut Alex, tak ada rencana dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, baik untuk memusnahkan anjing maupun satwa lainnya. "Hingga hari ini di Palembang belum ditemukan anjing mati akibat pembasmian," ujarnya.

Terkait hal itu, Andi Mallarangeng mengatakan, SEA Games XXVI harus tetap dilaksanakan dengan berwawasan lingkungan. Pengendalian satwa tetap perlu dilakukan secara baik dan manusiawi.

Sehari sebelumnya saat dihubungi melalui telepon, Kepala Dinas Peternakan Sumatera Selatan Asrillazi Rasyid mengatakan, rencana pembasmian anjing liar baru akan dilaksanakan pada Sabtu malam, akhir pekan ini, di kawasan Jakabaring. Alasannya, untuk mengantisipasi terjadinya gigitan oleh anjing liar.

Pemerhati satwa Palembang, Titin Chen, mengatakan, pihaknya mengetahui adanya rencana tersebut setelah membaca pemberitaan dari koran lokal beberapa pekan yang lalu. Rencana ini telah memicu reaksi penolakan dari penyayang dan aktivis satwa di jejaring sosial Twitter dan Facebook, yang menyerukan boikot SEA Games XXVI di Palembang.

Beberapa relawan satwa dari Jakarta telah datang ke Palembang untuk melakukan penyelamatan anjing-anjing liar.


EditorAgus Mulyadi

Terkini Lainnya


Close Ads X