Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

700 Satpol PP Tertibkan PMKS Pra-SEA Games

Kompas.com - 25/10/2011, 11:13 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hanya dalam hitungan minggu, gelaran olahraga terbesar se-Asia Tenggara, SEA Games, akan dihelat di Indonesia. Jakarta, kota yang menjadi tuan rumah bersama Palembang, melakukan berbagai persiapan. Salah satunya, penertiban terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) mulai 2-8 November 2011.

"Penertiban PMKS ini sebenarnya rutin dilakukan. Tapi khusus untuk pra-SEA Games akan dimulai awal November nanti," kata Kepala Seksi Penertiban Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Darwis F Silitonga di Jakarta, Selasa (25/10/2011).

Sebanyak 700 anggota Satpol PP gabungan dari lima wilayah Jakarta akan dikerahkan untuk menciptakan ketertiban umum jelang SEA Games XXVI. Ada 10 titik lokasi yang menjadi fokus penertiban, yakni Perempatan Cocacola, Matraman, kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dan sekitar tempat pertandingan (venue), serta hotel tempat kontingen menginap.

"Lokasi-lokasinya dikoordinasikan dengan wilayah karena Satpol PP wilayah yang mengetahui titik rawannya," ungkap Darwis.

Penertiban ini nantinya juga akan menjaring para pedagang kaki lima yang kerap berada di kawasan GBK atau di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin. Kendati demikian, ia tak mau mengungkapkan sanksi bagi PMKS  yang bandel.

"Kami belum bicara hingga tataran itu. Intinya pihak kami memang melakukan penertiban umum agar tidak semrawut," jelas Darwis.

Saat SEA Games XXVI berlangsung pada 11-22 November mendatang, sebanyak 4.284 Satpol PP akan dikerahkan. Bagi PMKS yang masih nekat berada di sekitar venue atau hotel, akan ditertibkan dengan damai. Hal tersebut untuk menghindari keributan, sehingga menciptakan kondisi yang nyaman dan aman.

Para personel Satpol PP juga akan difokuskan menjaga lokasi-lokasi penting, yakni di 24 venue dan 54 hotel yang dijadikan tempat menginap kontingen SEA Games di Jakarta. Hotel yang akan ditempati diantaranya adalah Hotel Mulia, Hotel Atlet Century, Hotel Sahid, Hotel Maharaja, dan Hotel Mercure. Sementara, venue pertandingan yang dijaga yaitu, GBK, Gedung Judo Kelapa Gading, Padepokan Silat TMII, dan GOR Ciracas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com