Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Memprediksi Oktober Deflasi

Kompas.com - 25/10/2011, 05:44 WIB

Jakarta, Kompas - Bank Indonesia memperkirakan inflasi Oktober akan rendah sekali. Bahkan, ada kemungkinan deflasi rendah.

Gubernur BI Darmin Nasution menyampaikan hal itu di Jakarta, Senin (24/10). ”Perkiraan saya antara minus 0,1 persen sampai plus 0,1 persen,” kata Darmin.

Pada September-November, inflasi biasanya memang rendah. Tahun 2010, inflasi Oktober sebesar 0,06 persen.

BI akan mengevaluasi laju inflasi yang rendah itu. Namun, suku bunga acuan BI tidak bisa setiap saat diturunkan saat inflasi rendah.

BI memperkirakan inflasi tahun ini dan tahun depan di bawah 5 persen. Atas perkiraan itu, BI menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin pada awal Oktober lalu, dari 6,75 persen menjadi 6,5 persen.

Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, A Tony Prasetiantono memperkirakan, inflasi Oktober antara 0 persen dan 0,1 persen. Adapun inflasi November tidak akan melebihi 0,2 persen.

Bahkan, Desember, yang akan diwarnai tingginya permintaan akibat libur Natal dan Tahun Baru, diperkirakan inflasi maksimalnya 0,7 persen. Secara keseluruhan, inflasi 2011 hanya sekitar 4,9 persen.

Namun, Tony mengingatkan, inflasi yang sangat rendah ini ditopang subsidi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk bahan bakar minyak senilai lebih dari Rp 100 triliun.

”Padahal, jika subsidi sebesar itu digunakan untuk membiayai infrastruktur, bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi setidaknya 0,3 persen,” ujar Tony. (idr)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com