Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Tegal Demo Dua Tahun Kepemimpinan SBY

Kompas.com - 24/10/2011, 11:42 WIB
Siwi Nurbiajanti

Penulis

TEGAL, KOMPAS.com- Puluhan mahasiswa di Kota Tegal dan Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (24/10/2011), berunjuk rasa di halaman gedung DPRD Kota Tegal. Mereka mengkritik dua tahun kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang dinilai gagal menyejahterakan rakyat.

Mahasiswa melakukan orasi dan meminta dukungan para anggota DPRD Kota Tegal. Sayangnya pada saat yang bersamaan, tidak ada anggota DPRD Kota Tegal yang berada di lokasi, karena semua anggota DPRD sedang melaksanakan aktivitas di luar Kota Tegal, yaitu studi banding dan pembahasan raperda tentang retribusi.

Didi Kusaeri, perwakilan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tegal, mengatakan, saat ini mahasiswa melihat masih banyak persoalan yang belum dituntaskan SBY. Hal itu antara lain mengenai dugaan korupsi bank century.

Persoalan ekonomi juga merupakan persoalan yang masih membutuhkan penanganan serius. Meskipun data BPS menunjukkan pertumbuhan ekonomi positif, tetapi saat ini masih banyak penduduk bergaji di bawah 20.000 per hari. "Anggaran sektor kesehatan juga masih kurang, tidak sesuai undang-undang," katanya.

Menurut dia, para mahasiswa mengeluarkan 10 perintah untuk SBY, antara lain penuntasan kasus-kasus korupsi tanpa tebang pilih, reformasi birokrasi di semua lembaga, dan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia. Sepuluh perintah itu akan dikirim menggunakan surat ke SBY oleh para mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com