Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Juli 2009, 8 Tewas dan 40 Luka-luka

Kompas.com - 21/10/2011, 17:27 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com — Sejak Juli 2009, penembakan oleh orang tidak dikenal di areal PT Freeport telah menewaskan delapan orang dan mencederai 40 orang.

Lokasi penembakan yang terjadi hari Jumat (21/10/2011) tidak jauh dari lokasi penembakan yang terjadi pekan lalu, Jumat (14/10/2011), yang menewaskan tiga karyawan PT Puri Fajar Mandiri—kontraktor PT Freeport Indonesia, di Mil 37 areal PT Freeport Indonesia. 

Tiga orang tewas ditembak di antara Mil 38 sampai Mil 40, areal PT Freeport Indonesia, Timika, Papua, Jumat (21/10/2011) sekitar pukul 05.30 WIT. Kejadian penembakan merupakan kejadian kesekian kalinya di kawasan PT Freeport Indonesia yang terjadi dalam dua tahun terakhir.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Kompas, dua dari tiga orang yang tewas ditembak itu adalah Aloysius Margana, karyawan PT Kuala Pelabuhan Indonesia, salah satu kontraktor dari PT Freeport Indonesia dan Yunus, penjaga kios. Sementara seorang korban lagi belum diketahui namanya.

Ketiganya tertembak di antara Mil 38 sampai Mil 40 areal PT Freeport Indonesia. Aloysius tertembak saat mengendarai mobil operasional bernomor lambung 01-4249 di Mil 40, sedangkan Yunus tertembak saat sedang berada di kiosnya di Mil 38.

Selain ketiga orang tewas, seorang penjaga kios lainnya di Mil 38, Rahman, mengalami luka tembak dan masih dirawat di unit gawat darurat di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Mimika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com