Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komnas HAM Bantu Mediasi Karyawan Freeport

Kompas.com - 19/10/2011, 16:34 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com - Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ridha Saleh yang menemui pekerja yang mogok kerja dan memblokir jalan masuk ke areal tambang di checkpoint 28, Timika, Rabu (19/10) , berjanji akan membantu memediasi tuntutan pekerja dengan manajemen PT Freeport Indonesia.

"Buruh bukan mesin tetapi manusia, sehingga dalam penentuan upah seharusnya tidak hanya melihat faktor ekonomi tetapi juga mempertimbangkan sisi kemanusiaan. Karyawan Freeport ini bekerja dengan resiko besar dan medan kerja yang berat," ujarnya .

Selama upaya mediasi ini dilakukan oleh Komnas HAM, Ridha meminta agar pekerja tidak bertindak anarkis. Pihak aparat pun kami minta agar tidak memobilisasi aparat untuk menekan mogok kerja karyawan dan tidak membuat operasi apapun selama karyawan memperjuangkan haknya, katanya.

Upaya mediasi oleh Komnas HAM ini disambut baik oleh karyawan karena upaya mediasi yang seharusnya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Mimika tidak terlihat.

Selain upaya mediasi, Ridha mengatakan Komnas HAM menyelidiki unjuk rasa karyawan Freeport yang berakhir bentrokan, tanggal 10 Oktober lalu, yang menyebabkan seorang karyawan Freeport meninggal. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com