Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Babel Berangkatkan 766 Jamaah Haji

Kompas.com - 17/10/2011, 11:13 WIB
Kris R Mada

Penulis

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com- Sebanyak 766 warga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menunaikan ibadah haji tahun ini. Mereka berangkat secara bergelombang sejak Sabtu (15/10/2011) hingga Selasa (18/10).

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji Kantor wilayah Kementerian Agama Babel, Andi M Darlis, mengatakan, 355 jamaah berangkat pada Sabtu (15/10) lalu. Mereka menuju ke Palembang, Sumatera Selatan terlebih dahulu.

"Embarkasi untuk Babel ditempatkan di Palembang. Dari sana baru berangkat ke Arab Saudi," ujarnya di Pangkal Pinang, Senin (17/10/2011).

Hari ini, Babel memberangkatkan lagi 280 jamaah ke Palembang. Sementara 131 jamaah lainnya akan berangkat Selasa (18/10). "Sampai sejauh ini, proses pemberangkatan berlangsung lancar," ujarnya.

Ia juga mengatakan, kuota haji untuk Babel penuh hingga 2019. Setiap tahun, Babel rata-rata mendapat kuota 900 orang. Namun, ada kemungkinan sebagian kuota tidak terpakai. "Sebagian karena jamaah sakit, wafat, hamil, atau ada halangan lain. Sebagian karena jamaah tidak mampu melunasi sisa ONH (ongkos naik haji) pada waktu yang ditetapkan," ujarnya.

Untuk sisa kuota itu, Babel terpaksa mengembalikan ke pusat. Sisa kuota itu biasanya ditawarkan ke provinsi lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com