BMKG Denpasar: Tidak Ada Potensi Tsunami - Kompas.com

BMKG Denpasar: Tidak Ada Potensi Tsunami

Kompas.com - 13/10/2011, 10:47 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Gempa kuat yang mengguncang Bali, Kamis (13/10/2011) pagi tidak berpotensi tsunami. Demikian pernyataan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Denpasar.

"Tidak ada potensi tsunami, tetapi tetap waspada," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah III Denpasar Wayan Suardana. Ia mengatakan, pusat gempa sekitar 136 kilometer di sebelah selatan Kuta.

BMKG Denpasar mencatat kekuatan gempa 6,5 skala Richter (SR) lebih kecil dari data yang dilansir BMKG Pusat. Gempa menggoyang Bali sekitar pukul 11.25 Wita. Sampai tulisan ini diuat belum ada laporan kerusakan akibat gempa.

Gempa terasa sekitar hampir satu menit dan cukup keras. Sebuah jumpa pers yang dihadiri Kompas dan beberapa wartawan di kawasan Renon, Denpasar, sempat terhenti, dan semua meninggalkan ruangan. Beberapa warga membunyikan kul-kul (kentongan khas Bali) sebagai peringatan. 

Sementara itu, informasi yang dilansir situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika kekuatan gempa 6,8 skala Richter. Badan Geologi AS atau United States Geological Survey (USGS) mencatat kekuatan gempa dengan magnitud 6.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorRobert Adhi Ksp

    Close Ads X