Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Turis Korban Tanjakan Emen Tak Bawa Identitas

Kompas.com - 07/10/2011, 16:27 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

SUBANG, KOMPAS.com - Tak mudah bagi paramedis di Puskesmas Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat, untuk mengidentifikasi para korban kecelakaan di daerah Cicenang, Kecamatan Ciater, Jumat (7/10/2011) siang, yang sebagian besar warga negara asing.

"Para turis itu tidak ada yang membawa identitas. Kami kesulitan mengidentifikasi para korban. Akhirnya, kami tulis nama mereka sesuai yang kami dengar, sebagian mereka tulis sendiri namanya," kata Nina, bidan di Puskesmas Jalancagak.

Dari 14 korban kecelakaan, tiga di antaranya yang warga negara Indonesia, yakni Agung, Edi, dan Sandra. Sisanya, adalah turis asal Belanda yang sedang berlibur di Indonesia.

Di buku daftar pasien milik Puskesmas Jalancagak, tertulis sedikitnya tujuh nama korban kecelakaan. Namun, hanya nama Agung yang bisa dengan mudah dikenali. "Yang lainnya, entah benar atau tidak ejaannya," kata Nina.

Karlina, bidan lainnya menyatakan, "beda dengan korban warga kita (warga Indonesia) yang kebanyakan membawa KTP (kartu tanda penduduk), korban warga asing ini tidak ada yang membawa identitas."

Minibus yang ditumpangi para turis oleng dan terseret di jalan menurun dari kawasan Tangkubanparahu ke arah Subang. Kendaraan yang dikemudikan Agung itu terbalik dan terseret dengan posisi kap di bawah sebelum membentur tebing dan kembali pada posisi semula di sisi timur jalan provinsi yang menghubungkan Subang dan Bandung tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com