Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Bom Yogya Gelisah dengan Situasi Sosial

Kompas.com - 07/10/2011, 09:17 WIB
Aloysius Budi Kurniawan

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Selebaran yang ditemukan di depan lokasi ledakan, Jalan Gejayan, Yogyakarta, Jumat (7/10/2011), menyatakan apa yang mereka lakukan (ledakan bom) adalah puncak dari semua kegelisahan serta kemarahan terhadap sistem yang berjalan selama ini.

Beberapa kasus disebutkan dalam selebaran itu, seperti penindasan di Papua Barat, penindasan di Kulon Progo, di Aceh, di Bima, di Takalar, di Makassar, konsesi hutan, hingga penangkapan Tukijo, aktivis masyarakat petani lahan pasir di Kulon Progo.

Dalam selebaran itu juga disebutkan, "Apa yang kami lakukan merupakan puncak dari semua kegelisahan serta kenmarahab terhadap sistem yang berjalan selama ini. Sistem yang memberhalakan uang, sistem yang merecoki keseharian masyarakat dengan televisi agar mereka membeli barang-barang yang tak mereka perlukan, agar mereka terus bekerja seperti mesin."

Selain ditemukan selebaran, polisi juga menangkap satu orang yang diduga pelaku. "Seorang pria yang diduga pelaku kami tangkap 50 meter dari lokasi kejadian. Pelaku inilah yang diduga menyebarkan selebaran. Ia juga membawa tas ransel hitam," kata Kepala Kepolisian Respr Sleman Ajun Komisaris Besar Irwan Ramain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com