Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tournament of Flower Kembali Digelar

Kompas.com - 03/10/2011, 15:24 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Tomohon, ini dia Pasadena-nya Indonesia. Pemerintah Kota Tomohon kembali menggelar "Tournament of Flower" (ToF) pada Juli 2012 dan mengundang kota-kota di Indonesia yang tergabung dalam asosiasi pemerintah kota seluruh Indonesia (APEKSI).

"Persiapannya sementara kita matangkan termasuk melakukan koordinasi dengan Dirjen Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Tomohon Gerardus H Mogi di Tomohon, Senin (3/10/2011).

Ia menambahkan panitia lokal mengundang 96 kota yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) serta 45 kabupaten lainnya.   "Mereka akan diundang sebagai peserta sama seperti gelaran ToF sebelumnya. Mudah-mudahan mereka bisa berpartisipasi untuk suksesnya kegiatan ini," harapnya.

Ia menjelaskan hasil audiensi dengan Dirjen Pemasaran menghasilkan beberapa rekomendasi. Di antaranya, ToF akan dijadikan sebagai event pariwisata nasional. Selain itu, Kemenbudpar akan mendukung promosi dan mempublikasikan pelaksanaan agenda tahunan ini.

"Kemenbudpar juga akan memfasilitasi konferensi pers nasional pelaksanaan ToF yang akan dilaksanakan Juli 2012," kata Gerardus.

Sementara itu ditambahkannya, bahan baku bunga yang akan digunakan akan dipasok dari sejumlah sentra tanaman bunga yang tersebar di Kota Tomohon seperti Kelurahan Kakaskasen, Kelurahan Rurukan dan Temboan serta kelurahan lainnya.

Hanya saja menurut dia, kesediaan peserta yang akan menjadi acuan seberapa banyak bahan baku bunga produksi petani yang akan digunakan.

"Semuanya akan dikoordinasikan dengan Dinas Pertanian serta Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com