Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus Gandeng Kaum Ibu Membatik

Kompas.com - 02/10/2011, 16:16 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com -- Universitas Kristen Petra Surabaya, menggandeng kaum ibu di Kalijaten, Sepanjang, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, untuk kegiatan membatik. Para ibu diajari melakukan proses membatik mulai dari mewarnai hingga membatik.

Kaum ibu tak sekadar membatik tetapi juga berkesempatan berdiskusi tentang bahan kimia yang digunakan untuk mewarnai kain batik. Kaum ibu tersebut sedang belajar tentang batik di Laboratorium Bahan, UK Petra. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan Mandiri dan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UK Petra (LPPM UKP).

Menurut Kepala Laboratorium Bahan UK Petra sekaligus pengajar pelatihan, Andreas Pandu Setiawan, dalam pelatihan membatik dia dibantu empat orang mahasiswa Jurusan Interior UK Petra, yang sebelumnya telah mendapat pengajaran membatik di bangku kuliah.

Tujuan dari kegitan yang melibatkan kaum ibu agar a masyarakat jadi tahu soal batik serta menguasai pembuatan batik yang menjadi citra bangsa.

Kegiatan ini merupakan pelatihan kedua bagi kaum ibu dari Kalijaten, Sidoarjo. Sebelumnya mereka diajarai cara mencanting. Melalui pelatihan ini diharapkan mereka memiliki modal untuk berusaha secara mandiri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com