Kampus Gandeng Kaum Ibu Membatik

Kompas.com - 02/10/2011, 16:16 WIB
EditorNasru Alam Aziz

SURABAYA, KOMPAS.com -- Universitas Kristen Petra Surabaya, menggandeng kaum ibu di Kalijaten, Sepanjang, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, untuk kegiatan membatik. Para ibu diajari melakukan proses membatik mulai dari mewarnai hingga membatik.

Kaum ibu tak sekadar membatik tetapi juga berkesempatan berdiskusi tentang bahan kimia yang digunakan untuk mewarnai kain batik. Kaum ibu tersebut sedang belajar tentang batik di Laboratorium Bahan, UK Petra. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan Mandiri dan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UK Petra (LPPM UKP).

Menurut Kepala Laboratorium Bahan UK Petra sekaligus pengajar pelatihan, Andreas Pandu Setiawan, dalam pelatihan membatik dia dibantu empat orang mahasiswa Jurusan Interior UK Petra, yang sebelumnya telah mendapat pengajaran membatik di bangku kuliah.

Tujuan dari kegitan yang melibatkan kaum ibu agar a masyarakat jadi tahu soal batik serta menguasai pembuatan batik yang menjadi citra bangsa.

Kegiatan ini merupakan pelatihan kedua bagi kaum ibu dari Kalijaten, Sidoarjo. Sebelumnya mereka diajarai cara mencanting. Melalui pelatihan ini diharapkan mereka memiliki modal untuk berusaha secara mandiri.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.