Dramatis, Penerbangan Perdana ke BIL

Kompas.com - 01/10/2011, 19:44 WIB
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com Bandara Internasional Lombok di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (1/10/2011), resmi dioperasikan untuk menggantikan bandara lama, Selaparang, di Mataram yang sudah beroperasi sejak 1950.

Pesawat Garuda Boeing 737 GA 400 menandai pendaratan perdana di landasan pacu Bandara Internasional Lombok (BIL) sepanjang 2.750 meter itu pada pukul 10.30 Wita. Sejumlah pihak turut terbang dengan pesawat dari Jakarta itu, antara lain Gubernur NTB Zainul Majdi, Dirjen Perhubungan Udara Hari Bakti, Wali Kota Mataram Ahyar Abduh, pejabat teras dan mantan pejabat jajaran Pemprov NTB dan Kabupaten Lombok Tengah, serta sejumlah tokoh masyarakat lingkar BIL.

"Beberapa menit masuk BIL, penerbangan terhalang kabut agak tebal. Namun waktu landing, sangat bagus," ujar Ahyar Abduh.

Ketika Garuda mendarat di landasan pacu, seperti dituturkan Rosiyadi Sayuti, Ketua Bappeda NTB, suasana di dalam kabin sangat dramatis. Tuan Guru Haji Abdul Fatah berlinang air mata saat memimpin doa, diikuti suara sesenggukan oleh sejumlah tokoh masyarakat lingkar yang dinilai amat mendambakan keberadaan bandara di atas tanah seluas 551 hektar itu.


Gubernur Zainul Majdi mengatakan, dimulainya aktivitas penerbangan di BIL adalah perwujudan dari ikhtiar dan kemauan keras masyarakat NTB. Berbagai tantangan dan hambatan sejak BIL digagas bisa diatasi melalui saling pengertian dan kerja sama semua pihak.

"Ini hari pembuktian terhadap berbagai tantangan seiring proses pembangunan BIL," ucapnya.

Adapun Bupati Lombok Tengah Suhaili FT mengungkapkan agar semua pihak membuang keraguan soal keamanan yang selama ini dikeluhkan di wilayah itu. "Kali ini saya katakan, saya bersama seluruh masyarakat Lombok Tengah menjamin keamanan di BIL, termasuk di kabupaten ini," ucapnya.

Adapun soal sarana serta prasarana jalan dan jembatan yang belum tuntas dikerjakan, Gubernur Zainul Majdi menargetkan hal itu pada 2011.



komentar di artikel lainnya
Close Ads X