Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Rekomendasi Tunza Indonesia

Kompas.com - 01/10/2011, 16:38 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com- Perwakilan pemuda maupun anak-anak peserta Tunza Indonesia, konferensi internasional mengenai lingkungan, akhirnya merampungkan rekomendasi setelah lima hari berada di Bandung. Sekali lagi, mereka mendesak kepada pemerintah untuk mengambil langkah tegas dalam perbaikan kualitas lingkungan.

Rekomendasi itu diungkapkan Maria Kassabia dari Lebanon serta Gonzalez Sebastian Huertas dari Argentina. Secara bergantian, Maria yang berusia 13 tahun mengawali pembacaan rekomendasi dari delegasi anak.

Dia mengharapkan agar pemerintah-pemerintah segera memprioritaskan lingkungan dalam kebijakan mereka dan memberlakukan ekonomi ramah lingkungan berikut institusinya. Perusahaan juga diminta lebih memerhatikan tanggung jawab sosial serta pembangunan yang berkelanjutan.

Sementara itu, perwakilan pemuda yakni Sebastian yang berusia 23 tahun mengharap agar masyarakat mengubah gaya hidup lebih ramah lingkungan, mendorong pemberlakuan ekonomi hijau, akuntabel dalam menjalankan kebijakan, serta meningkatkan kesadaran bagi masyarakat.

Rekomendasi tersebut adalah sebagain dari poin yang bakal disebut dalam Deklarasi Bandung yang dibacakan pada saat penutupan. Naskah draf secara simbolis diserahkan kepada Menteri Lingkungan Hidup, Gusti Muhammad Hatta yang ikut erta dalam jumpa pers.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com