Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Rusa Terpaksa Diakhiri Hidupnya

Kompas.com - 29/09/2011, 14:29 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Dua rusa koleksi Kebun Binatang Surabaya terpaksa dieutanasia atau diakhiri hidupnya karena kondisi tubuh kurus dan lemah. Langkah ini dilakukan untuk kebutuhan kepentingan penelitian karena kedua rusa tersebut berbeda dengan rusa lain yang jumlahnya hampir 100 ekor.

Humas Kebun Binatang Surabaya Anthan Warsito di Surabaya, Kamis (29/9/2011), mengatakan, eutanasia dilakukan menggunakan sederet prosedur yang diharuskan oleh sejumlah instansi yang terkait dengan urusan satwa. "Seluruh prosedur eutanasia telah dipenuhi karena tindakan ini akan menimbulkan penilaian berbeda-beda di kalangan masyarakat," ujarnya.

Dia menambahkan, selain untuk kebutuhan penelitian, pelaksanaan eutanasia terhadap dua rusa koleksi Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang merupakan rusa bawean dan rusa sambar itu dilakukan karena kondisi satwa sangat tidak memungkinkan untuk dipertahankan.

"Secara fisik, kondisinya memang memprihatinkan karena kurus dan juga mengalami kecelakaan di bagian tubuhnya. Sementara itu, rusa lain gemuk dan sehat serta terus berkembang. Jika kedua rusa dipertahankan dalam kondisi fisik yang memprihatinkan, khawatir mereka mengidap penyakit sehingga bisa menular ke hewan lain atau sejenis," katanya

Menurut Athan, proses eutanasia merupakan rekomendasi tim dokter satwa KBS, tim dokter hewan Taman Safari II, tim kedokteran hewan Universitas Airlangga (Surabaya) dan BKSDA Jawa Timur. Saat ini ada 100 rusa berbagai jenis di sangkar peraga KBS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com