Habitat Harimau Sumatera Rusak

Kompas.com - 28/09/2011, 21:01 WIB
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com — Kehidupan harimau sumatera yang kini tersisa sedikitnya 400 ekor saja di alam bebas semakin terancam. Aktivis organisasi lingkungan, Greenpeace, menyaksikan kerusakan hutan alam di Provinsi Riau dalam tur Mata Harimau hari ke-8, Rabu (28/9/2011).  

Lima aktivis Greenpeace menjelajah hutan dan kini sudah tiba di sekitar Desa Kusuma, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Dalam tur Mata Harimau itu, mereka menyaksikan hutan di sekitar Taman Nasional Tesso Nilo dikonversi menjadi areal hutan tanaman industri, salah satu pemasok bahan baku industri pulp terbesar di Indonesia. Mereka menyaksikan proses pembukaan lahan di areal lahan gambut.

”Hari ini kami berada di hutan yang merupakan salah satu habitat paling penting bagi harimau sumatera yang terancam punah. Kami melihat perusakan masih terjadi dengan leluasa bahkan terhadap lahan gambut kaya karbon. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemarin telah menyatakan komitmennya untuk menyelamatkan hutan Indonesia yang masih tersisa. Komitmen ini harus segera terwujud menjadi aksi nyata sehingga perusakan semacam ini harus segera dihentikan, tutur juru kampanye Greenpeace Asia Tenggara, Rusmadya Maharuddin.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.