Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandung Segera Punya Halte Sepeda

Kompas.com - 27/09/2011, 23:11 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Tinggal menunggu waktu saja, Kota Bandung, Jawa Barat, bakal memiliki transportasi publik berupa sepeda yang bisa digunakan warga kotanya untuk bepergian dengan mudah dan praktis. Infrastrukturnya sudah dirintis sejak di Babakan Siliwangi dengan pembuatan halte sepeda.

Menurut pantauan Kompas, Selasa (27/9/2011), halte sepeda di Babakan Siliwangi merupakan halte perdana dari sekian banyak halte yang akan dibangun di titik lain di Kota Bandung. Tempatnya hanya berupa penyimpanan sepeda yang nantinya dilengkapi dengan pos penjagaan.

"Kami merencanakan untuk membangun lagi 40 titik lain di pusat keramaian Kota Bandung, seperti hotel, tempat wisata, factory outlet, maupun mal," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Prijo Soebiandono.

Selain itu, Kota Bandung direncanakan untuk menambah jalur sepeda dari sebelumnya 8 kilometer menjadi 16 kilometer. Dia mengharapkan inisiatif ini bisa menjadi pemicu gaya warga kota yang lebih sehat.

Ketua Bandung Creative City Forum, Ridwan Kamil, mengatakan bahwa sepeda yang nantinya dipakai adalah bantuan yang diberikan selama penyelenggaraan Tunza Indonesia, konferensi lingkungan internasional yang diikuti 1.500 anak dan pemuda dari 108 negara, 27 September hingga 1 Oktober.

Untuk tahap awal, pihaknya menerima 500 unit sepeda dan direncanakan nantinya berjumlah sampai 2.000 buah dari satu sponsor saja. "Warna sepeda yang nantinya dipakai adalah biru. Seperti warna biru Persib," ujar Ridwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com