Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Lokon Berhenti Meletus

Kompas.com - 24/09/2011, 08:45 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Gunung Lokon di Sulawesi Utara (Sulut) mulai berhenti meletus pasca letusan Jumat (23/9/2011), yang mencapai 19 kali.

"Sejak pukul 00.00 WITA-06.00 WITA hari ini tidak ada letusan yang terjadi dari kawah Tompaluan, Gunung Lokon," ujar staf Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu di Kakaskasen, Kota Tomohon, Ferry, di Tomohon, Sabtu.

Meski demikian Ferry menjelaskan, masih tercatat dua kali gempa tektonik jauh, satu kali gempa vulkanik dalam dan 13 kali gempa vulkanik dangkal. Gempa di periode enam jam itu masih didominasi gempa embusan yang terjadi sebanyak 14 kali. Sedangkan tremor yang terekam dengan amplitudo 0,5 milimeter.

Ferry juga memprediksi masih akan terjadi letusan-letusan skala kecil akibat adanya suplai energi dari dalam berbentuk gempa vulkanik dalam dan gempa vulkanik dangkal.

"Suplai energi masih terjadi hingga hari ini sehingga potensi terjadinya letusan masih sangat memungkinkan," imbuhnya.

Hingga kini status Gunung Lokon dijelaskan Ferry masih siaga level III. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung tidak menaikkan statusnya ke awas level IV meskipun telah terjadi peningkatan jumlah letusan sepanjang pekan ini.

Begitupun dengan radius bahaya Gunung Lokon. Dikatakan Ferry, jarak sejauh 2,5 kilometer dari kawah Tompaluan belum dicabut.

"Karena itu kami tetap berharap warga masih mematuhi radius bahaya Gunung Lokon. Apalagi dengan status siaga yang disandang Gunung Lokon keaktifannya masih di atas normal dan tetap berpotensi terjadi letusan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com