Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Internasional Lombok Beroperasi 1 Oktober

Kompas.com - 22/09/2011, 15:51 WIB

MATARAM, KOMPAS.com - Bandara Internasional Lombok (BIL), di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, hampir pasti beroperasi 1 Oktober 2011. Dengan demikian Bandara Selaparang akan resmi ditutup untuk pelayanan jasa penerbangan 30 September 2011 pukul 18.00 wita.

"Banyak pihak bertanya dan ragu, tapi saya katakan tidak ada keraguan apa pun kalau BIL dioperasikan 1 Oktober ini," ujar Ridwan Syah, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi NTB, dalam rapat dengan instasi terkait, Maskapai Penerbangan, Pelaku Pariwisata, di Mataram, Kamis (22/9/2011).

Dalam rapat itu, para perusahaan maskapai penerbangan dan pengusaha hotel menekankan perlunya dijaga keamanan dan ketertiban, demi kenyamanan para pengguna transportasi udara.

Karenanya diharapkan partisipasi aktif masyarakat lingkar bandara, bersama aparat terkait, di Lombok Barat dan Lombok Tengah, untuk menjaga keamanan di rute-rute menuju BIL yang dilalui para calon maupun ekspenumpang pesawat udara, kata Lanang Patra, dari PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia) NTB.

Menurut Ridwansyah, sarana dan prasana fisik BIL yang memiliki kode LOP itu di antaranya landasan pacu, peralatan navigasi darat dan udara sudah siap operasi. Dalam sembilan hari menjelang pendaratan perdana BIL, tinggal melengkapi fasilitas lain seperti bus angkutan para penumpang. Kementrian Perhubungan memberikan 10 bus, kemudian disediakan juga shelter di Terminal Mandalika Mataram, dan Resor Wisata Senggigi.

Malah ada tiga perusahaan taksi yang akan mengambil rute dari-dan ke BIL, selain tiga perusahaan taksi-termasuk Koperasi Taksi milik Bandara Selaparang- yang selama ini melayani pengguna jasa transportasi udara. Sosialisasi operasional BIL dilakukan pula lewat poster, baliho, media cetak dan elektronik di Mataram.

Perdana Hal nyaris senada dikatakan Erdi Nuka, Kepala Bandara Selaparang, pihaknya merasa masih ada keraguan banyak kalangan, bila BIL beroperasi sesuai waktu yang ditentukan. Apa iya sih BIL digunakan 1 Oktober, begitu Erdi Nuka mengutip short massage service yang masuk ke telepon genggamnya.

Namun Erdi Nuka berupaya menepis keraguan itu, bahkan dalam beberapa hari ini pihaknya dan perusahaan jasa penerbangan yang berk antor di Bandara Selaparang, sudah memboyong peralatan kerja ke BIL.

Diharapkan aksi boyongan ke Bandara baru selesai 30 September. Sabtu, 1 Oktober nanti, pen daratan perdana di BIL dilakukan pesawat Garuda pukul 10.00 wita yang terbang dari Jakarta, tuturnya.

BIL terletak di Desa Tanak Awu, Lombok Tengah, sekitar 30 km tenggara Mataram, Ibu Kota NTB. BIL seluas 551 ha itu, dengan landasan pacu 2.750 meter, bisa didarati pesawat ber badan lebar Air Bus A 303.

Bandara yang dirintis pembangunannya sekitar tahun 1990-an itu, sebagai pengganti Bandara Selaparang yang overload, dari 850 orang daya tampungnya namun kenyataannya mencapai 1,2 juta orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com